Photobucket

Friday, March 9, 2012

PEMBELAJARAN ENGLISH CONVERSATION DI SMP RAUDLATUL ULUM KELAS 7

     Dilihat dari judulnya aja Pembelajaran English Conversation Di SMP Raudlatul Ulum Kelas 7 Putukrejo Gondanglegi Malang, Wah sudah pasti Siswa Siswi akan belajar Conversation atau dalam bahasa kita ( B.indonesia maksudya ) belajar ngomong Inggris.

       Ada sedikit pengalaman dari teman penulis sewaktu belajar Bahasa Inggris dulu.
         Siswa   : Bagaimana sich klo kita mo belajar ngomong Inggris,
Guru    : yach ngomong aja kok repot
Siswa   : Lha trus kita mo ngomong apa?
Guru    : yach ngomong Inggris-lah, masak mo ngomong apa ( haha.. pusing juga gurunya klo pertanyaannya seperti itu )
Siswa   : iyo pak,, maksudnya klo dalam percakapan sehari hari, percakapan kita banyak terlalu singkat. Masak klo kita mau beli Roti saja harus bilang : Saya sekarang mau membeli Roti yang rasa Strawbery 1 buah, maukah kamu mengambilkannya untukku ….?? Si penjual menjawab : Dengan senang hati,, Roti ini harganya Rp. 1.000 per-bungkus, berapa bungkus Roti- kah yang akan kamu beli ???? kan ndak mungkin kita ngomong seperti itu Pak… kelamaan… ( wah… muridnya juga ikut pusing nich… )
Guru    : iya,,, itu klo kita sudah menguasai 100 % dan sudah di jadikan sebagai bahasa sehari hari ndak apa… sing penting kita itu sama – sama ngerti. lha klo kita masih belajar,,, maka kita harus belajar bagaimana caranya ngomong dengan baik dan benar
Siswa   : maksud nya..
Guru    : kita belajar ngomong yang nggak perlu kita omongin.
Siswa   : waduh puyeng aku pak…
Guru   : gini lho, klo kita pengen bisa ngomong Inggris, maka untuk tahap pertama kita belajar ngomong sebanyak mungkin, biar kosakata yang kita omongin semakin mudah kita ingat. Jadi hal – hal yang menurut kita gak perlu untuk diomongin, ngomong aja. Ngerti ora ??
Siswa   : Ora ngerti Pak ???? wah nanti bisa berbahaya Pak… klo kita ngomongin hal – hal yang nggak penting ???
Guru    : maksudnya kita tuch nyari topic yang mau diomongin, jangan tinggi2 topic-nya. Ambil yang simple aja. Misalnya tentang percakapan di Toko tadi, klo masih belajar kita usahakan buat kalimat selengkap mungkin, agar kosa kata semakin mudah di hafal. Itu aja dulu, jangan mikir yang macem2. Ntar klo kosa kata udah banyak yang dihafal baru kita belajar ungkapan yang umum digunakan dalam percakapan sehari2. Ngerti ora ??
Siswa   : Hmmm…. Githu toh. ( meskipun agak puyeng dipaksakan ngerti …. Hahaha )

Script percakapan yang disampaikan teman penulis tadi, menjadi salah satu sumber inspirasi, klo kita belajar ngomong Inggris (khusus bagi pemula) salah satunya adalah dengan membuat suatu percakapan (pertanyaan dan respon) selengkap mungkin. Cari tema yang simple, misalnya tema tentang kegiatan sehari hari. 
Maka dari itu, SMP Raudlatul Ulum sebagai salah satu lembaga Formal di Kecamatan Gondanglegi Kab. Malang, mencoba menerapkan Pembelajaran English Conversation di Kelas 7 dengan pendekatan pembiasaan mengungkapkan percakapan sehari hari.
Tujuannya adalah meningkatkan daya ingat kosakata, dengan prinsip “ semakin banyak kosakata yang diungkapkan maka semakin mudah kosakata itu untuk dihafal “  yang selanjutnya ( kelas 8 dan 9 ) mereka akan belajar ungkapan - ungkapan yang umum digunakan dalam percakapan sehari2 ( dengan baik dan benar tentunya  ).

Untuk Contoh Modul pembelajarannya, bisa anda dapatkan dengan cara download : English Conversation For Beginner. SMP Raudlatul Ulum Kelas 1.docx    


No comments:

Post a Comment


GOLDEN WORD
Jangan Pernah Mengatakan "Apa Saya Bisa?"
Tapi katakanlah "Bagaimana Caranya?"