Photobucket

Tuesday, February 28, 2012

“ UP TO DATE VOCABULARY “ BUKU ANTI GAGAP INGGRIS

Up To Date Vocabulary adalah buku yang berisi kumpulan kosa kata penting sehari hari (daily activity) meliputi : daily verb, daily adjective, daily noun, daily adverb, daily preposition dan lain lain. Disajikan dalam bentuk seri, dengan tujuan agar mudah dipelajari dan di hafalkan serta menambah perbendaharaan kata dalam kehidupan sehari hari.
            Buku ini terdiri dari 6 seri yaitu :
·         Seri pertama (Up To Date Vocabulary 1 for beginner )
Berisi 350 kosa kata paling dasar untuk tingkat pemula.














·         Seri ke-dua (Up To Date Vocabulary 2 for elementary 1)
Berisi 350 kosa kata, lanjutan dari seri pertama, dengan kosa kata lebih spesifik meliputi : Kosa kata seputar hewan, buah-buahan, anggota badan dan lain lain. 







·         Seri ke-tiga (Up To Date Vocabulary 3 for elementary2)
Hanya berisi 300 kosa kata dasar. Seri ini berisi kosa kata yang lebih luas cakupannya dari seri pertama dan ke-dua, namun masih berada di tingkat elementary, dengan target pencapaian 1000 kosa kata untuk siswa – siswi  tingkat elementary, setelah mereka menguasai seri pertama dan ke-dua.






·         Seri ke-empat (Up To Date Vocabulary 4 for pre intermediate)
Berisi 250 kosa kata tingkat menengah. Dalam seri ini, siswa – siswi diajak untuk menguasai perbendaharaan kosa kata umum dibidang sosial sebagai persiapan untuk menuju ke jenjang Intermediate.






·         Seri ke-lima (Up To Date Intermediate Vocabulary 5)
Berisi 250 kosa kata dasar untuk tingkat menengah. Seri ini berisi kosa kata yang sangat penting untuk siswa – siswi tingkat intermediate, dengan tujuan menambah wawasan kata yang bukan hanya digunakan dalam situasi informal (percakapan) namun lebih cenderung pada situasi formal (diskusi, presentasi, debate, speech dll)





·         Seri ke-enam (Up To Date Intermediate Vocabulary 6)
Berisi 250 kosa kata tingkat menengah dan lanjutan. Seri ini selain mencakup kosa kata untuk tingkat menengah juga disajikan beberapa idom, dengan tujuan siswa – siswi dapat menguasai kosa kata dalam bentuk idiom sebagai salah satu modal awal untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi yaitu tingkat lanjutan (advance)




Serangkaian buku seri di atas, hadir sebagai salah satu bentuk metode penguasaan kosa kata dalam bahasa Inggris yang selama ini sulit untuk dikuasai. Dengan bentuknya yang kecil, buku ini mudah dibawa kemana mana, sehingga lebih efisien dan praktis untuk dibaca serta dihafalkan dimanapun dan kapanpun. Dalam buku ini juga diberikan halaman kosong agar nantinya siswa – siswi dapat menuiskan kosa kata baru yang mungkin tidak tercantum dalam buku seri ini, sehingga penguasaan kosa kata tidak hanya bersumber dari buku ini.
Buku seri ini awalnya adalah sekumpulan kosa kata yang wajib dihafalkan oleh siswa ENGLISH AREA Pondok Pesantren Raulatul Ulum, namun dengan restu dari semua guru yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Raudlatul Ulum serta dukungan dari semua pihak maka disusunlah buku pertama yaitu Up To Date Vocabulary 1 for beginner dengan tanpa memalingkan Misi ENGLISH AREA Pondok Pesantren Raulatul Ulum “ mencetak siswa anti Gagap Inggris yang disusul dengan seri ke-dua s/d seri ke-enam.
Seiring berjalannya waktu, buku ini tidak hanya dipakai para siswa ENGLISH AREA Pondok Pesantren Raulatul Ulum, namun juga dipakai oleh civitas lembaga formal. SMP RAUDLATUL ULUM adalah pelopor pertama penerbitan serta penerapan metode hafalan kosa kata dengan menambahkan jam khusus Bahasa Inggris di kegiatan ekstra kurikuler serta mewajibkan seluruh siswa – siswinya untuk menguasai buku ini.
Oleh karena itu, buku ini menjadi salah satu buku panduan wajib yang digunakan oleh SMP RAUDLATUL ULUM GONDANGLEGI, dengan tahapan sebagai berikut :
·         Kelas Tujuh
Wajib menguasai buku seri pertama dan ke-dua, dengan sistem hafalan dan merangkai kata dalam kalimat sederhana.
·         Kelas Delapan
Wajib menguasai seri ke-tiga dan ke-empat, dengan sistem membaca berulang – ulang, melatih pengucapan ( pronunciation) dan merangkai kata dalam kalimat sederhana.
·         Kelas Sembilan
Wajib menguasai seri ke-lima, dengan sistem membaca berulang – ulang, merangakai kata dalam kalimat sederhana dan membuat karangan, sedangkan seri ke-enam sebagai buku pelengkap.
Dari ke-enam seri tersebut guru tidak perlu bingung lagi dalam memberikan hafalan kosa kata, begitu juga dengan siswa – siswi, karena ke-enam seri tersebut ditempuh selama lima semester, dengan target semester akhir siswa – siswi sudah siap untuk menghadapi UAN dan siap melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.     
Semoga buku ini dapat memberikat banyak manfaat kepada kita semua AMIN.

1 comment:


GOLDEN WORD
Jangan Pernah Mengatakan "Apa Saya Bisa?"
Tapi katakanlah "Bagaimana Caranya?"